Jin tidak tahu perkara yang ghaib

Berikut adalah tafsir dari Surat As-Saba’ ayat 14

Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan. (QS. As Saba’:14)-1

(Tatkala Kami tetapkan kematian atas Sulaiman ..) yaitu: Kami wafatkan Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya kecuali rayap yang memakan tongkatnya, tatkala rayap-rayap memakan tongkatnya hingga rusak maka tersungkurlah Nabi Sulaiman ke tanah, semua itu terjadi karena permintaan Nabi Sulaiman ‘alaihis salam kepada Allah untuk tidak memperlihatkan kematiannya kepada para Jin, supaya manusia mengetahui bahwasanya Jin sedikitpun tidak mengetahui perkara ghaib seperti  yang para jin da’wakan.

Nabi Sulaiman ‘alaihis salam wafat  dalam keadaan bertumpu pada tongkatnya ketika sedang sholat di mihrabnya, pada waktu itu juga para jin sedang bekerja dan mereka tidak mengetahui wafatnya Nabi Sulaiman, ketika waktu sudah berlalu dan rayap-rayap mulai memakan tongkatnya jatuhlah Nabi Sulaiman ke tanah, dari situlah diketahui seandainya para jin itu tahu perkara ghaib maka mereka akan tahu kematian Nabi Sulaiman, mereka tetap bekerja keras untuk waktu yang lama dalam pengabdian kepada Nabi Sulaiman dengan keadaan tidak tahu (bahwa Nabi Sulaiman telah wafat).

Footnote ————————————–
1. Ayat ini sungguh jelas, memang diantara para jin ada yang mengaku mengetahui perkara ghaib maka akan menyesatkan saudaranya sebangsa jin dan menyesatkan manusia dengan  da’waannya tersebut, dan telah jelas sesungguhnya pengakuan mereka (bangsa jin) mengetahui perkara ghaib adalah bathil, seandainya mereka tahu perkara yang ghaib maka mereka akan tahu kematian Nabi Sulaiman dan meninggalkan pekerjaanya serta lari sejauh-jauhnya.

[Disarikan dari kitab Aysaru Tafasir, Abu Bakr Jabir Al-Jazairy 250-251/5, Cet ke II 1428, Maktabah Al-Ulum wal Hikam, Madinah]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s